Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Pesona Oriental
Pemkot Makassar Berdayakan PSK dan Janda
Rabu, 04 Mei 2016 04:19 WITA

Menjamurnya Pekerja Seks Komersial (PSK) dan para janda yang ditinggal suami akibat cerai mati dan cerai hidup di Kota Makassar menjadi perhatian semua kalangan. Khusus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Makassar yang berjanji akan memberdayakan para PSK dan janda di Makassar.

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, mengatakan, pihaknya akan mengupayakan segala kegiatan yang sifatnya inovasi maupun advokasi untuk mengedukasi para PSK dan para janda yang ditinggal suami akibat ceraih mati dan cerai hidup di kota Makassar.

“Tentu, ke depan program kita membantu dan memberdayakan PSK dan ibu-ibu janda di Makassar. Selain itu akan diinventarisir dan diberikan edukasi kreativitas. Hal ini dilakukan agar memenuhi kesejahteraan mereka,,”ujarnya pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG PKK) ke-44 tingkat Makassar, di Grand Clarion Hotel Makassar, Selasa (3/5).

Menurutnya, para PSK dan janda adalah bagian dari perempuan yang bekerja menghidupi keluarga, sehingga membutuhkan segala jari paya dalam bekerja.

“Utamanya nanti PSK dan janda diberikan pemberdayaan, kita lakukan agar memebri ruang kepada PSK dan para janda untuk melakukan hal yang positif, apalagi mereka bagian dari ibu-ibu dan kaum perempuan di Makassar,” tuturnya.

Istri orang nomor satu di Kota Makassar ini, menilai, selama ini kaum perempuan kerap dipandang sebelah mata, baik di dalam keluarga, sosial apalagi politik. Namun ia ingin menepis pandangan negatif tersebut, dengan cara memberdayakan kaum perempuan tanpa memandang provesi atau latar belakang.

“Ingat, perempuan terutama ibu-ibu itu tulang punggung keluarga. Ibulah yang bisa menjadi moral anak-anak bangsa ini baik,” terangnya dihadapan awak media.

Lebih lanjut, Indira juga menegaskan perempuan berstatus janda tidak bisa dikesampingkan. Janda adalah petarung yang bisa bertahan menghidupi keluarganya. Dia berjanji akan memperhatikan dan memberdayakan kaum janda.

Pemberdayaan perempuan lewat ekonomi diyakini dapat meningkatkan penghasilan para janda sehingga lebih mampu menghidupi keluarganya, terutama untuk masa depan anak-anak mereka.

“Dengan komitmen dan berbagai program TP PKK, kami akan memberdayakan para janda dan PSK. Untuk mengakomodir para janda, apalagi berbagai program Pemkot Makassar lorong garden, saya akan memanfaatkan pendekatan usaha kecil mikro dan menengah,” janji Indira. RAKYAT SULSEL