Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Pesona Oriental
Verstappen Juara GP Spanyol, Rio Berhasil Finish
Senin, 16 Mei 2016 04:18 WITA

Balap lanjutan Grand Prix Formula 1 (F1) di sirkuit De Barcelona Catalunya, Spanyol, Ahad, 15 Mei 2016, menghasilkan drama tak terduga saat pembalap anyar tim Red Bull, Max Verstappen, berhasil finish di urutan pertama.

Verstappen yang baru 10 hari direkrut Red Bull itu berhasil menggungguli duo Ferrari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel yang mengapitnya di posisi dua dan tiga.

“Rasanya luar biasa,” ujar Verstappen saat berada di podium kemenangan, dikutip dari CNN, Ahad, 15 Mei 2016. “Aku masih belum percaya. Menang di balapan pertama bersama Red Bull terasa mengagumkan.”

Posisi terdepan saat pertandingan dimulai dipegang oleh duo Mercedes Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Laju keduanya langsung terhenti dari balapan 66 putaran (lap) tersebut, setelah terlibat tabrakan di lap pertama.

Dengan kemenangan itu, Verstappen yang masih berusia 18 tahun menjadi pembalap, sekaligus juara termuda dalam sejarah Grand Prix F1.

Pembalap Indonesia Rio Haryanto yang membela Manor Racing, berhasil finish di urutan ke-17. Rio mendapat keuntungan usai tabrakan Rosberg dan Hamilton di awal balapan. Dari start awalnya di posisi ke-22, menjadi posisi ke-20. Sementara rekan setim Rio, Pascal Wehrlein, lebih cepat satu peringkat. Dia finish di posisi ke-16.

Pembalap Spanyol Fernando Alonso sebagai tuan rumah, gagal menyelesaikan balapan saat mesin mobilnya mengalami masalah di lap 47. Selain Alonso, Romain Grosjean dari tim Haas, dan Nico Hulkenberg yang membela Force India pun gagal menyelesaikan balapan.

Berikut posisi 17 pembalap yang berhasil finish pada Grand Prix 2016 di Spanyol tersebut. TEMPO